RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
IV / II
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami
sejarah,kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota
dan provinsi
B.
Kompetensi Dasar
1.4 Menghargai keragaman
suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota,provinsi)
C.
Indikator
1.4.1 Menyebutkan keragaman suku bangsa dan budaya setempat
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah memahami
materi menggunakan alat peraga gambar,siswa dapat mengetahui contoh tarian suku
bangsa dan budaya setempat
2.
Setelah
melakukan kerja kelompok,siswa dapat menyebutkan keragaman suku bangsa dan
budaya setempat
E.
Alokasi Waktu
2 x 30 menit
F.
Materi Ajar
1.
Ragam suku bangsa dan
budaya
Bangsa
Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa. Berbagai suku bangsa mendiami pulau
seluruh Indonesia. Keragaman suku bangsa menghasilkan budaya yang
beragam.Bentuk keragaman itu berupa :
1.
Pakaian
adat
Pakaian adat dipakai pada acara khusus. Salah satunya
berupa pesta perkawinan, upacara adat, dan sebagainya. Beberapa contoh pakaian
adat dari provinsi di Indonesia, yaitu :
1)
Jawa Tengah :
• Tutup kepala pria blangkon
• Baju wanita kebaya
• Baju pria beskap.
2)
Sumatra Barat :
Baju teluk belango dan
saluak.
3)
Riau :
Baju destar.
4) Kalimantan Selatan:
Baju rompi dan destar
2.
Rumah
adat
Setiap suku bangsa memiliki rumah adat. Bentuknya
bermacam-macam. Memiliki nilai artistik yang beraneka ragam. Atapnya bentuknya
beragam. Ada yang berbentuk limas, kerucut, dan sebagainya. Pernahkah kalian
berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta? Di TMII ini
terdapat berbagai rumah adat.
Tabel 4.2 Nama Rumah Adat
di Indonesia
No
|
Nama suku
|
Rumah Adat
|
1
|
Asmat
|
Honai
|
2
|
Batak
|
Jabu Persantian
|
3
|
Dayak
|
Lamin
|
4
|
Jawa
|
Joglo
|
5
|
Minangkabau
|
Gadang
|
6
|
Toraja
|
Tongkonan
|
3.
Tarian
dan lagu
Tiap-tiap daerah mempunyai tarian daerah. Tarian
mencerminkan ciri khas daerah tersebut. Tarian daerah dipentaskan pada waktu
upacara adat dan menyambut tamu kehormatan. Selain itu, untuk menarik para
wisatawan domestik maupun mancanegara.
Tabel 4.3 Tarian Daerah di Indonesia
No
|
Nama Suku
|
Nama Tarian
|
1
|
Aceh
|
Seudati
|
2
|
Betawi
|
Yapong
|
3
|
Bali
|
Pendet
|
4
|
Jawa
|
Gambyong
|
5
|
Minahasa
|
Maengket
|
Selain tarian, ada pula lagu daerah. Lagu daerah bagian dari kesenian
daerah. Masing-masing daerah memiliki lagu daerah. Lagu tersebut biasanya
menunjukkan ciri khas daerah. Selain itu, juga memiliki alat musik daerah.
Tabel 4.4 Nama Lagu Daerah
di Indonesia
No
|
Nama Suku
|
Nama Lagu Daerah
|
1
|
Aceh
|
Bungong Jeumpa
|
2
|
Betawi
|
Jali-Jali
|
3
|
Bali
|
Janger
|
4
|
Melayu
|
Soleram
|
5
|
Minangkabau
|
Dayung Palinggam
|
4.
Alat
musik tradisional
Alat musik tradisional sangat beragam. Alat musik
berguna mengiringi lagu dan tarian. Selain itu, alat musik juga untuk menghibur.
Beberapa alat musik dapat dilihat pada tabel berikut :
No
|
Nama Alat Musik
|
Daerah Asal
|
1
|
Bonang
|
Jawa
|
2
|
Cengceng
|
Bali
|
3
|
Gambus
|
Jambi
|
4
|
Kolintang
|
Sulawesi
|
5
|
Sasando
|
Maluku
|
6
|
Tifa
|
Papua
|
G.
Pendekatan dan Metode
Cooverative Learning Tipe Number Head Together
Diskusi
Tanya jawab
H.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.
Kegiatan Awal
a.
Guru mengucapkan
salam
b.
Guru mengecek
kehadiran peserta didik
c.
Menyampaikan apersepsi
:
a.
Siapa yang tau
ada berapa suku yang tinggal di Kalimantan Barat ?
b.
Apa saja
nama-nama suku tersebut ?
d.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik
dijadi 5 kelompok setiap kelompok terdiri dari 5 orang
b.
Peserta didik
diberi nomor kepada setiap kelompok
c.
Peserta didik mengamati
gambar yang ditunjukkan oleh guru
d.
Peserta didik
dan guru bertanya jawab untuk menyamakan
persepsi tentang ragam suku bangsa dan budaya
e.
Guru menjelaskan
aturan diskusi
f.
Guru memberikan
tugas/masalah kepada peserta didik
g.
Peserta didik
berdiskusi untuk menyelesaikan tugas/masalah yang diberikan oleh guru
h.
Guru menyebutkan
nomor dan menunjuk siswa untuk maju kedepan
i.
Peserta didik
memberikan tanggapan kepada jawaban kelompok lain
j.
Guru menyebutkan
nomor lagi dan menunjukk peserta didik
sampai permasalahan terjawab semua
k.
Guru bertanya
kepada peserta didik “Apakah kalian sudah mengerti?”
l.
Guru memberikan
penjelasan tentang materi yang belum dipahami
3.
Kegiatan Penutup
a.
Tanya jawab tentang materi yang dibahas
b.
Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang
dibahs
c.
Menutup pelajaran dengan doa dan salam
I.
Sumber dan Media Pembelajaran
A.
Sumber Belajar
P,Tantya
Hisnu dan Winardi.2008.Ilmu Pengetahuan
Sosial Untuk SD/MI Kelas IV.Jakarta: Pusat Perbukuan,Departemen Pendidikan
Nasional
B.
Media
Pembelajaran
Gambar pakaian adat dayak
Gambar blankon
Gambar tarian adat melayu
Gambar alat musik angklung
J.
Evaluasi
1.

Gambar
diatas adalah pakaian adat dari suku yang tinggal di Kalimantan Barat.Apa nama
suku tersebut ?
2.
Benda ini adalah
tutup kepala yang dibuat dari batik dan digunakan oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional Jawa.Apa nama benda tersebut ?
3. Berasal dari manakah lagu Anak Kambing Saya ?
4.

Tarian ini berasal dari suku ?
5.

Apa nama
alat musik diatas ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar